Berita

Implementasi Moderasi Beragama, MTsN 3 Sinjai Sambut Peserta Didik dengan 5S

Kamis, 22 Pebruari 2024 10:22 WIB
  • Share this on:

Talle, Sinjai Tengah (Humas Sinjai) – Penanaman nilai-nilai moderasi beragama gencar dilaksanakan di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 3 Sinjai. Salah satu upaya yang dilakukan yaitu menyambut kedatangan peserta didik pada pagi hari di depan gerbang madrasah. Budaya yang ingin ditanamkan yaitu 5S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan dan Santun). Terlihat pada kegiatan sapa pagi yang dilaksanakan oleh salah satu guru piket Kelas Talle St. Harlinah pada Kamis (22/2/2024) pagi di gerbang MTsN 3.

Senyum, Salam, Sapa menyambut hangat kedatangan  peserta didik penuh rasa kasih sayang dengan harapan untuk menyiapkan hati dan pikiran peserta didik sebelum menerima pembelajaran di kelas, sehingga terbangun suasana nyaman dan harmonis di madrasah serta ilmu yang diterima dari gurunya bisa bermanfaat dunia akhirat.

Saat peserta didik disambut dengan ramah maka secara tersirat guru telah memberikan contoh pembelajaran sikap suri tauladan yang baik kepada peserta didik dan hal ini berdampak kepada citra dan marwah baik madrasah yaitu tepat waktu datang ke madrasah sebagai tonggak awal dapat mendisiplinkan diri peserta didik. Oleh karena itu, guru sebagai garda terdepan harus lebih awal hadir di sekolah, menunggu di depan gerbang madrasah pertanda bahwa guru siap sedia untuk membimbing, mendidik dan mentransfer ilmu pengetahuan kepada anak didiknya.

Setiap hari secara bergantian pendidik di MTsN 3 Sinjai menyapa peserta didik di depan gerbang madrasah sesuai dengan jadwal yang telah disusun oleh wakamad Kurikulum.

“Alhamdulillah, sapa pagi dengan budaya 5S di madrasah kami telah dilaksanakan sejak awal Semester Genap dengan harapan guru-guru dan anak didik kami dapat menjalin kedekatan. Semoga guru-guru kami senantiasa diberikan kesehatan dalam menjalankan aktivitas dan amanah yang diberikan,” tutur Muhammad Amin, Plh Kepala MTsN 3.

Wakamad Kurikulum, Isnawati Adi juga mengungkapkan bahwa budaya 5S melalui sapa pagi ini menjadi penggerak bagi peserta didik dalam menanamkan nilai-nilai moderasi beragama, baik di dalam maupun di luar lingkungan madrasah.

Kontributor:
Isnawati
Penulis:
Isnawati Adi
Fotografer:
Misnawati

Kalender

Mei 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -